Minggu, 09 Agustus 2009

SMA PANGUDI LUHUR

Crita tentang SMA Pangudi Luhur Yogyakarta

SMA Pangudi Luhur Yogyakarta yang terletak di pusat kota Yogyakarta ini, semula adalahSekolah Guru A (Atas: dipersiapkan menjadi Guru SMP) khusus putra yang didirikan oleh para imam Jesuit pada bulan April 1942. Namun pada tanggal 9 Agustus 1952 sekolah ini diserahkankepada para Bruder FIC yang kemudian menempati gedung milik Bruder- bruder FIC di jln. Senopati 16, dan pada tahun 165 secara resmi dikelola oleh Yayasan Pangudi Luhur milik para Bruder FIC

Tahun 1973 Sgak ini kemudian berubah menjadi SPG dan menerima siswa putri. Setelahperjalanan panjang dilalui, karena perubahan kurikulum yang terjadi tahun 1989, maka padatahun tersebut SPG berubah menjadi SMA setelah dua tahun sebelumnya gedung sekolahpindah ke Jln. Senopati n0 18 (hingga kini).

Seperti bayi yang baru lahir, SMA Pangudi Luhur memulai kehidupan baru sebagai sebuah SMAdi tahun tersebut. Namun berkat usaha keras dari orang- orang yang terlibat di dalamnya, kiniSMA Pangudi Luhur sudah mengalami banyak kemajuan yang cukup pesat terutama dari segifasilitas dan perkembangan sember daya manusia di dalamnya. Sehingga tidak heran jika ditahun 2005 SMA menerima akreditasi dengan nilai A.

Di bawah pengelolaan para Bruder FIC, SMA Pangudi Luhur sungguh bertumbuh menjadisekolah yang menggulkan nilai- nilai kehidupan dalam setiap ilmu yang ditawarkan. Sehinggasetiap pribadi yang ada di dalamnya akan bertumbuh dalm kesadaran bahwa melalui ilmupengetahuan hidupku akan kubaktikan bagi Tuhan dan sesama.




VISI, MISI, TUJUAN

VISI
SMA Pangudi Luhur Yogyakarta merupakan tempat mewujudkan komunitas iman dengan caramenempatkan Tuhan Allah sebagi pusat hidup dalam upaya membangun persaudaraan sejatiserta menanggung karya bersama dalam pendampingan kaum muda menuju PRIBADI dewasa, beriman, berpengetahuan, trampil, bermartabat, berbudi pekerti luhur, dan terbukamenghadapi tantangan jaman.

MISI
Membantu mendampingi sisawa menenmukan potensi yang dimiliki untuk dikembangkansecara optimal serta melatih siswa mandiri, bertanggung jawab, bermartabat dan berbudipekerti luhur, menghargai, menghormati sesamanua dan menerima diri sebagia pribadi yang unik sehingga menjadi pribadi dewasa.

TUJUAN
  • Menghasilkan peserta didik yang dengan ilmu pengetahuannya mau mengabdikan diri bagiTuhan dan sesama.
  • Menghasilkan peserta didik yang beriman dan bersikap profesional tanpa membedakanagama, ras, suku, dan tingkat sosial.
  • Menghasilkan peserta didik yang mempunyai kemampuan berorganisasi danbermasyarakat.
  • menciptakan hubungan baik antara sekolah dan orang tuia, alumni, masyarakat sekitar, sekolah lain, Perguruan Tinggi, maupun lelmga- lembaga lain.
  • Menghasilkan peserta didik yang dapat diterima di Perguruan Tinggi yang berkualitas baikdan mampu menentukan pilihan sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka.



FASILITAS
  1. Lab. Komputer
  2. Lab. Bahasa
  3. Lab. IPA
  4. Ruang Multi Media
  5. Ruang Doa
  6. Ruang Kesenian
  7. Perpustakaan & Ruang Baca
  8. Ruang Diskusi
  9. Studio Musik
  10. Semua Ruang Kelas Ber-AC



EKSTRA KULIKULER

A. Olahraga
  1. renang
  2. basket
  3. volley
  4. tae kwon do
  5. sepak bola
  6. badminton
B. Kesenian
  1. paduan suara
  2. bina vokalia
  3. C.Ketrampilan
  4. komputer
  5. bahasa inggris
  6. jurnalistik
D. Kreativitas Siswa
  1. teater
  2. cheerleaders & dance
  3. breakdance
  4. peer education
E. Kelompok Karya Ilmiah (KIR)

0 komentar:

Posting Komentar

Trimakasih tlah memberi komentar